11/02/2012

Mengetahui Dasar HTML


BERDOALAH SEBELUM BELAJAR DAN TANAMKANLAH KEYAKINAN PADA DIRI ANDA BAHWA ANDA BISA TUTORIAL HTML INI


Mari Belajar Bersama

Teman-teman Troopati semua pada Tutorial HTML ini kita akan membahas code yang paling utama untuk membangun HTML. Apa kegunaan HTML? Itulah pertanyaan saya sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai HTML. HTML berguna sebagai wadah untuk membuat tampilan dalam sebuah website. HTML merupakan ruang yang tidak terbatas untuk ditempati code-code baik itu code HTML sendiri atau pun code yang lain.

Di dalam HTML sendiri kita dapat meletakkan berbagai code baik itu code CSS, java, php atau javascript. Mungkin dari sekian banyak pembaca Tutorial HTML oleh Troopati sudah banyak yang tahu code-code HTML yang akan kita pelajari.  Tidak sulit untuk membuat code-code HTML ini menjadi sebuah tampilan web yang menarik dan friendly. Cukup gunakan tiga metode yaitu membaca tutorial HTML dan mempraktekan lalu mengamati.

Membaca, Kita perlu membaca berbagai sumber yang ada pada tutorial HTML yang kita maksudkan untuk bisa kita gunakan. Mempraktekan, Kita perlu berusaha menjalankan apa yang sudah kita dapat dalam kita membaca tutorial HTML tadi. Setelah membaca dan mempraktekan, kita juga perlu mengamati mengapa bisa jadi begini dan begitu. Itulah kunci dimana kamu akan bernar-benar bisa untuk membuat tampilan HTML yang menarik yang kamu punya.

Kamu bisa menulis code HTML dibawah ini dengan menggunakan notepad yang kamu punya untuk kamu simpan dengan akhiran titik HTML (.html). Cara menyimpan bukan sekedar disimpan. Karena ketika kamu sekedar menyimpannya maka yang akan terjadi adalah menjadi text biasa. Dan jika itu kamu lakukan kamu hanya mendapati sederet text yang ada di notepad ketika kamu doble click.

<html>
   <head>
       <title>Mengetahui Dasar HTML</title>
    </head>
  //Letak kode CSS yg akan kita bahas pada bab selanjutnya Troopati
    <body>
    </body>
</html>

Petunjuk Penyimpanan

Gunakakan Ctrl + S untuk menyimpan code HTML tersebut dari notepad. Isi File name dengan nama yang anda inginkan dan jangan lupa untuk memberi titik HTML (.html) sebagai akhiran nama file kamu. Aturlah Save as type menjadi All Type. Hal ini akan menjadika file yang anda simpan tidak menjadi text biasa melainkan taxt dengan format HTML. Jika sudah melakukan semua ini klik Save dan kamu bisa melihat file yang ada simpan berubah icon sebagaimana file yang disimpan dari browser application yang anda punya.

Petunjuk menjalankan file HTML

Setelah semua langkah penyimpanan selesai kamu lakukan maka saatnya anda untuk menjalankan file yang telah kamu buat tadi dengan menggunakan code HTML. Untuk menjalakan program atau file HTML anda tadi cukup klik dua kali file yang berformat HTML tadi.

Keterangan;
  • Menyusun Code HTML  diawali menulis  "<html>" mengapit Code - code HTML yang lain di akhiri "</html>",
  • Posisi Kode "<head></head> dan <body></body>" harus diletakkan secara berurutan. posisi paling atas setelah <html> adalah <head> dilanjutkan dengan "<body>".
  • Posisi Kode <title></title> terletak diantara <head> dan </head>, maka code title diterapkan seperti "<head><titel></title></head>"
  •  Untuk meletakkan Judul blog atau suatu wabsite diletakkan diantara kode "<title>" dan "</title>", contohnya adalah "<title>Mengetahui Dasar HTML</tilte>" 
  • Sedangkan untuk menuliskan code-code pembangun suatu kerangka HTML  yang lain terletak di dalam kode "<body>" dan "</body>"
 Catatan ;
  • Code HTML di awali dengan "<nama tag>" dan diakhiri dengan "</nama tag>".
Nah... Silahkan Dilanjutnkan belajarnya di halaman cara membuat warna di tampilan html yang kita buat.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Translate

 

infokus. Copyright 2013 All Rights Reserved |Template by Panduan Belajar Seo dan tutorial blog