11/14/2012

Apasih Manfaat Driver bagi PC atau Notebook atau laptop itu?


Device driver atau yang sering dikenal sebagai driver jika di bahasa indonesia adalah pengendali perangkat keras. Driver di dalam ilmu teknologi informasi bersinggungan dengan softwere atau perangkat lunak komputer. Softwere ini memberikan akses atau memberikan izin kepada system operasi untuk bisa berkomunikasi dengan hardwere. Kebanyakan hardwere tidak akan bisa berjalan di dalam system oprasi karena driver yang tidak cocok atau kurang cocok. Jika kita ingin memberikan akses system oprasi kepada hardwere maka yang perlu kita lakukan adalah menginstall driver yang cocok dari hardwere tersebut. Biasanya driver telah terinstal bersamaan dengan installasi sistem oprasi. Tpi kadang kala driver dari hardwere yang baru belum tersedia di dalam sistem oprasi tersebut. Disinilah user sebagai pengguna untuk menginstallasi driver yang dibutuhkan oleh komponen hardwere tersebut.

Tujuan dari pembuatan driver adalah untuk mentranslasikan fungsi- fungsi sistem oprasi tersebut ke dalam printah apa saja yang telah di paketkan oleh hardwere yang bersangkutan. Untuk memudahkan hardwere tidak akan berjalan tanpa adanya driver yang cocok baginya.

Kesimpulan dari pembahasan kita kali ini adalah. Driver memiliki andil yang sangat besar untuk rangkaian komputer dapat dijalankan. Tanpa adanya driver yang telah terinstal dalam sistem operasi tersebut komputer yang keseluruhan besar terdiri dari hardwere tidak akan berfungsi apa-apa dan hanya sebagai barang keras yang tidak terpakai. Garis bersar dari driver adalah untuk menjalankan harwere.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Translate

 

infokus. Copyright 2013 All Rights Reserved |Template by Panduan Belajar Seo dan tutorial blog