7/06/2013

Cara Menggunakan CSS dalam HTML


Apa anda tahu cara menggunkan CSS dalam HTML? Jika anda seorang yang suka membuat template website atau blog cara menggunakan CSS dalam HTML ini pantas kamu pelajari. Untuk apa? Supaya file yang dibentuk dengan HTML tidak terlalu besar karena setiap kita mau membuat suatu format dalam tampilan HTML saja kita harus meletakkan di setiap kode HTML pada setiap Format yang kita lakukan. Ini akan membuat file yang dibentuk dengan HTML menjadi besar dan begitu banyak code HTML. Tapi jika anda membuat tamilan atau template website atau blog dengan menggunakan HTML disertai CSS maka anda tidak perlu untuk membuat code HTML pada setiap kata yang akan anda kasih format tertentu.

Dengan menggunakan CSS dalam HTML anda cukup menuliskan <div id="indikator"> atau <div class="indikator"> dan indikator adalah sebagai objek dari selector yang digunakan dalam CSS. Selain menggunakan <div id/class=""> apapun yang diletakkan di dalam <body>sampai</body> ataupun <body> sendiri bisa sebagai indikator dalam CSS. Misalkan ketika dalam file HTML ada suatu code <body> maka dalam CSS utuk memberi format <body> tertentu dengan "body {propertis_CSS : Volue_dari_Propertis;}".

Cara Menggunakan CSS dalam HTML seperti dalam penggunaan bahasa program, CSS juga menggunkan titik koma (;) untuk mengakhiri dalam setiap formatnya. Misal kita mempunyai propertis_CSS sebanyak tiga atau lebih maka dalam penggunaan CSS adalah sebagai berikut
body {
           propertis_CSS_Pertama : Volue_dari_Propertis_CSS ;
           propertis_CSS_Kedua : Volue_dari_propertis_CSS_kedua ;
           propertis_CSS_Ketiga : Volue_dari_propertis_CSS_Ketiga ;
}

Cara menggunakan CSS dalam HTML diletakkan setalah </title> dan sebelum </head> sedangkan didalam <body>sampai</body>adalah tempat dimana dokumen diatur oleh code CSS yang kita buat. Maka dari itu kita perlu membuat indikator pada bagian <body>samapi</body>. Kenapa dilakukan? itulah cara menggunakan CSS dalam HTML dan begitulah penerapannya.

Cara menggunakan CSS dalam HTML adalah dengan menuiskan
<style type="text/css">
selector {propertis_CSS : Volue_CSS:}
</style>
 
Menulis <style type="text/css">sampai dengan </style> merupakan penggunaan CSS dalam lingkup internal dalam HTML. Maksudnya apa? internal CSS merupakan pembuatan CSS langsung didalam code HTML. Memang ada CSS yang dibuat diluar code HTML? CSS yang dibuat diluat code HTML dinamakan Eksternal CSS. Terus bagaimana penggunaanya? Sebelum kita menggunakan eksternal CSS kita harus membuat file CSS dulu dengan ekstensi atau akhiran "nama_file.css".

Berikut cara menggunakan eksternal CSS dalam HTML. Setelah kita membuat file CSS dalam satu folder HTML yang kita buat maka kita menuliskan kode;
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="nama_file.css"/>

Oke kawan. Begitulah cara menggunakan CSS dalam HTML yang bisa membantu anda dalam membuat tampilan website atau template website. Semoga cara menggunakan CSS dalam HTML ini bermanfaat Dalam rangka belajar silahkan berkomentar jika ada kesalahan atau berdiskusi dalam penyampaian cara menggunakan CSS dalam HTML ini.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Translate

 

infokus. Copyright 2013 All Rights Reserved |Template by Panduan Belajar Seo dan tutorial blog